Langsung ke konten utama

Jurnal sistem cerdas

APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI TINGKAT PENCEMARAN LIMBAH CAIR DOMESTIK BERBASIS MOBILE ANDROID 

Anhar Faizin
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma

Abstrak:

Daerah adalah sumber terbesar dari keberadaan air limbah domestik serta menjadi penyumbang terbesar pencemaran lingkungan. Untuk membantu meminimalkan masalah yang terjadi diperlukan suatu desain sistem cerdas untuk mengadopsi pengetahuan pakardalam aplikasi. aplikasi ILCIdroid dirancang untuk mengidentifikasi tingkat pencemaran dari limbah domestik pada perangkat mobile berbasis android. Aplikasi sistem pakar ini dirancang dengan menggunakan alat Eclipse IDE dan Matlab toolbox. Untuk menentukan hasil identifikasi, menggunakan aturan-aturan yang ditetapkan oleh logika fuzzy berdasarkan data yang diperoleh, yang kemudian melakukan pencarian data pelacakan kedepan atau forward chaining. Hasil pengujian menunjukkan output yang dihasilkan oleh aplikasi Matlab memiliki kesimpulan yang tepat. 

Kata kunci: sistem pakar, forward chaining, fuzzy logic, android

I. PENDAHULUAN 
1.1 Latar Belakang
Limbah cair dianggap tidak lagi bermanfaat bagi masyarakat. Limbah cair yang dibuang melebihi kemampuan alam untuk menerima dan menampung akan berdampak pada pencemaran lingkungan, serta dapat membahayakan kesehatan manusia. Kawasan domestik menghasilkan lebih banyak limbah cair dilingkungan, karena semakin besar populasi manusia maka semakin besar pula limbah cair yang akan dihasilkan. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencemaran yang ditimbulkan oleh pembuangan limbah cair tersebut harus dilakukan penelitian dilaboratorium untuk mengetahui tingkat pencemaran maupun kualitasnya. Namun mahalnya biaya penelitian menjadi kendala bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai limbah cair tersebut. Untuk meminimalisir masalah yang ada, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat digunakan sebagai perangkat penunjang yang menyajikan informasi maupun sebagai perangkat untuk melakukan pengujian terhadap tingkat pencemaran dari limbah cair domestik. Oleh karena itu dibutuhkan sistem cerdas (intelligence system) guna mengimplementasikan pengetahuan yang dimiliki oleh seorang pakar ke dalam sebuah sistem, agar dapat digunakan oleh masyarakat maupun pihak-pihak yang berkepentingan dalam hal ini. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence merupakan satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia (Kusumadewi, 2003). 

II.TINJAUAN PUSTAKA
Sistem Pakar
Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli. 
Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang mengenalkan konsep kebenaran sebagian. Di mana logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah binary (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran Boolean dengan tingkat kebenaran. Air limbah domestik adalah air limbah yang berasal dari usaha dan atau kegiatan permukiman (real estate), rumah makan (restaurant), perkantoran, perniagaan, apartemen, dan asrama (berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 112 tahun 2003 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik disebutkan pada Pasal 1 ayat 1). Kualitas air limbah akan dapat teridentifikasi dari kualitas parameter kunci, diamana konsentrasi parameter kunci tidak melebihi baku mutu yang telah ditetapkan. Tabel 1 menunjukkan baku mutu limbah domestik.
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijadikan di semua platform (platform-independent). 
Berikut ini adalah sifat dari Eclipse :
1. Multi-platform : Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X. 
2. Mulit-language : Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya. 
3. Multi-role : Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, tes perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya. ]

Terdapat lima GUI (Graphic User Interface) tools yang dapat digunakan untuk membangun, mengedit, dan menobservasi aplikasi penalaran fuzzy, yaitu
 1. Fuzzy Inference Aplikasi Editor (FIS Editor).
 2. Membership Function Editor. 
3. Rule editor.
 4. Rule Viewer. 
5. Surface Viewer 

III.METODE PENELITIAN
 Untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi ini diperlukan beberapa perangkat keras dan perangkat lunak, antara lain kebutuhan perangkat keras meliputI
Notebook dengan RAM 2 GB Processor Intel(R) Core(TM) i3 CPU. 
Kebutuhan pernagkat lunak meliputi : Sistem Operasi Windows 7, Eclipse Gallileo, Android
SDK (Software Development Kit), ADT (Android Development Tools), Photoshop CS4 , NET Framework 4.0 dan Java JDK 6.0 Dalam perancangan basis pengetahuan digunakan kaidah-kaidah dalam suatu komponen faktor-faktor yang merekomendasi yang dihasilkan. Faktor-faktor yang menjadi premis bagi kaidah-kaidah yang dibangun menggunakan pola hubungan IF-ANDTHEN yang terdiri dari beberapa inferensi yang saling berhubungan. Himpunan fuzzy dibentuk dari kriteria yang dibutuhkan untuk mendapatkan kesimpulan berdasarkan parameter fisika dan kimia air limbah domestik. Adapun kriteria yang digunakan yaitu : COD, BOD, pH, TSS, Minyak dan lemak. Kriteria ini didapat berdasarkan parameter kunci untuk menentukan kualitas limbah cair domestik. Dari kriteria tersebut, maka dapat dibuat suatu tingkatan kepentingan kriteria berdarakan nilai bobot yang telah ditentukan ke dalam bilangan fuzzy. Rating kecocokan alternatif pada kriteria dimisalkan sebagai berikut : Rendah (0); Cukup (5); Tinggi (10). 
Gambar 1 merupakan FIS (Fuzzy Inference System) untuk tingkat pencemaran dengan enam inputdan satu output

IV.PEMBAHASAN
Aplikasi sistem pakar ini diimplementasikan pada perangkat mobile dengan sistem operasi android. Pada implementasi ini menggunakan platform android dengan versi 2.2 (Froyo) dan 2.3.6 (Gingerbread). 
Tampilan Halaman utama pada aplikasi sistem pakar dapat dilihat pada Gambar 4. Tombol Melanjutkan diklik untuk masuk ke Halaman menu.

 Setelah halaman utama masuk ke halaman menu, dapat dilihat pada gambar 4.2. Pengguna dapat memilih 5 (lima) pilihan menu yaitu : Identifikasi Tingkat Pencemaran, Cara Pengolahan, Petunjuk Pengukuran, Bantuan dan Keluar.
Dari Halaman Menu lalu dipilih halaman identifikasi tingkat pencemaran, dapat dilihat pada gambar 4.3. Di Halaman menu ini pengguna memilih kadar pada setiap parameter untuk mengetahui tingkat pencemaran dari limbah cair domestic. Pengujian black-box dilakukan untuk menganalisis serta menemukan kesalahan dalam kategori fungsi-fungsi yang tidak benar atau hilang, kesalahan interface, maupun kesalahan kinerja perangkat lunak. Pengujian black-box pada aplikasi ILCIdroid terdiri dari dua tahap, yaitu : analisis struktur interface, analisis kerja fungsi-fungsi. 

V.KESIMPULAN
Berdasarkan pada hasil perancangan serta implementasi dan pengujian aplikasi sistem pakar untuk mengidentifikasi tingkat pencemaran limbah cair domestik (ILCidroid), maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 
1. Aplikasi ILCIdroid mampu memberikan hasil identifikasi tingkat pencemaran oleh limbah cair domestik cukup akurat berdasarkan perbandingan dengan hasil matlab toolbox. 
2. Aplikasi sistem apakar ini mampu menyajikan informasi mengenai cara pengolahan berdasarkan tempat pengolahan di kawasan domestik.
 3. Hasil akhir identifikasi ditentukan oleh kadar parameter yang dipilih oleh pengguna, kemudian pilihan tersebut dilakukan pengecekan pada aturanaturan yang telah dibentuk berdasarkan kaidah fuzzifikasi. Penulis mengharapkan tugas akhir ini dapat dikembangkan lebih lanjut, diantaranya: 
1. Aplikasi ILCIdroid digunakan untuk mengidentifikasi tingkat pencemaran limbah cair domestik pada perangkat mobile dengan sistem operasi android versi 2.2 (Froyo) dan 2.3.6 (Gingerbdread). 
2. Menambahkan dampak dari limbah cair domestik pada aplikasi.
3. Menggunakan metode lain sehingga output yang dihasilkan mampu menampilkan nilai keakuratan dari tingkat pencemaran.
 4. Mengembangkan aplikasi ILCidroid agar dapat diimplementasikan pada perangkat mobile dengan sistem operasi selain android

VI.DAFTAR PUSTAKA

Effendi, Hefni. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius 
Kusrini. 2006. Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI Offset. 
Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta : Penerbit ANDI Offset.
 Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu. 
Supriadi, Taviv. 2008. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga. http://tavivsupriadi.wordpress.com/ 2008/02/12/pengelolaan-limbahcair-rumah-tangga/ (diakses 26 Juli 2012 pukul 08:21) http://bplhd.jakarta.go.id/peraturan/kepm en/KEPMEN%20NO%20112%20T AHUN%202003.pdf (diakses 30 Juli 2012 pukul 18:50)
 http://www.airlimbah.com/2009/11/17/pro ses-dasar-pengolahan-air-limbah/ (diakses 26 Juli 2012 pukul 04:30) 
Wikipedia. 2012. Android (Sistem operasi). 
id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_op erasi) (diakses 23 Juni 2012 pukul 05:46) 
Wikipedia. 2012. Eclipse (perangkat lunak). 
http://id.wikipedia.org/wiki/Eclipse_%28p erangkat_lunak%29 (diakses 23 Juni 2012 pukul 06:12
http://technoscientia.akprind.ac.id/full/vol8no2feb2016/165-172-okt.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pilihan Ganda "Kepemimpinan dalam Organisasi"

1. Dibawah ini manakah sikap kepemimpinan dalam organisai yang baik .... A. Percaya diri  *** B. Panik C. Malu D. Ragu 2. Kepemimpinan dalam organisasi adalah .... A. Penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki karakter yang kuat dan dapat dipercaya B. Pemimpin yang baik C. Sebuah hubungan yang saling mempengaruhi di antara pemimpin dan pengikut (bawahan) yang menginnginkan perubahan nyata D.Tentang keberanian, bermimpi dan mengabdikan diri menuju pemunahan harapan *** 3. Apa yang terpenting dalam sikap menjadi seorang pemimpin, kecuali ..... A. Pengambilan keputusan B. Tegas C. Tanggung jawab D. Tidak menghargai orang lain *** 4. Sikap Kepemimpinan dalam organisasi yang baik, kecuali .... A.Antusias B.Kharismatis *** C.Menghargai orang lain D.Tenang 5. Apa yang harus diketahui pemimpin dalam organisai ... A. Pengikut (bawahan) *** B. Musuh C. Masalah pribadi D. Hubungan Note : *** = Jawaban

Contoh Implementasi Dari Grafik Komputer dan olah Citra di Kehidupan Sehari-hari

Grafik komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu komputer. Aplikasi grafik komputer ini sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pemilihan software yang tepat akan sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata. Borland C++ Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik. Ada lagi fasilitas-fasilitas GDI (Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh Borland C++ Builder ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik. Borland C++ Builder menyediakan beberapa algoritma untuk mempresentasikan objek agar terlihat lebih nyata.           Adapun perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru. Contoh Grafik komput

Transisi Layanan

SERVICE TRANSITION (TRANSISI LAYANAN) PENGENALAN           Sudah sering terjadi perpecahan antara pengembangan dan operasi departemen di dalam IT, yang telah mengakibatkan banyak implementasi yang gagal dari layanan baru atau layanan yang telah dirubah. Transisi Layanan berkaitan dengan menjembatani kesenjangan sehingga berjalan lancar, memastikan bahwa persyaratan operasional sepenuhnya dipertimbangkan dan dipenuhi sebelum ada sesuatu yang berpindah ke dalam lingkungan secara langsung, termasuk dokumentasi dan pelatihan bagi pengguna dan staf pendukung. Transisi Layanan juga bertanggung jawab untuk pemusnahan dan penghapusan layanan yang tidak lagi diperlukan. Kelancaran transisi dicapai dengan mengambil paket desain layanan baru atau yang telah dirubah dari tahap layanan desain, pengujian untuk memastikan bahwa benar telah memenuhi kebutuhan bisnis, dan menggunakan itu dalam lingkungan produksi. Beberapa proses yang dijelaskan dalam fase ini juga digunakan dalam fas